Penyuluhan Tentang Bahaya Merokok dan Sulitnya Berhenti Merokok Dengan Pendekatan Teori Kognitif
Abstract
Issue seputar merokok menjadi salah satu topik yang diperdebatkan dari waktu ke waktu. Upaya menurunkan angka konsumsi rokok menjadi salah satu agenda pemerintah setiap tahunnya. Meskipun telah menggunakan banyak peringatan melalui berbagai pihak, namun masih tetap berhadapan pada permasalahan sulitnya berhenti merokok. Hal itu tidak terlepas dari berbagai faktor yang mempengaruhi perilaku merokok, seperti faktor sosial dan budaya. Untuk itu penyampaian tentang teori disonansi kognitif pada perilaku merokok patut dipaparkan sebagai bagian dari penyuluhan kesehatan tentang bahaya rokok. Kegiatan penyuluhan dilakukan terhadap oleh karangtaruna desa Kingkang wonosari, klaten. Hasil penyampaian materi mampu meningkatkan nilai rata-rata pengetahuan peserta sebesar 3,92 dan nilai rata-rata sikap peserta sebesar 0,32. Pengetahuan yang relatif baru bagi peserta adalah tentang disonansi kognitif.
The issue of smoking is one of most debatable topic from time to time. Efforts to reduce cigarette consumption become one of the government's agenda every year. Although they have used many warnings through various parties, they are still faced with the problem of the difficulty of quitting smoking. This is inseparable from various factors that influence smoking behavior, such as social and cultural factors. For this reason, the presentation of cognitive dissonance theory on smoking behavior should be presented as part of health education about the dangers of smoking.Counseling activities were carried out by the youth organization in Kingkang village, Wonosari, Klaten. The results of the delivery of the material were able to increase the average value of participants' knowledge by 3.92 and the average value of participants' attitudes by 0.32. Knowledge that was relatively new to participants was about cognitive dissonance.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.