Pelatihan Street Photography Sebagai Konten Promosi Pariwisata Pada Siswa Smk Pariwisata

  • Yoka Pradana Telkom University, Indonesia
  • Fiqie Lavani Melano Telkom University, Indonesia
  • Jasmine Alya Pramesthi Telkom University, Indonesia
  • Syahira Malva Telkom University, Indonesia
  • Jesicca Christin Abigael Telkom University, Indonesia
  • Muhammad Harsya Helmansyah Telkom University, Indonesia
Keywords: Street Photography, Promosi Pariwisata, Siswa SMK.

Abstract

Street Photography adalah jenis foto yang dapat dijadikan sebagai konten promosi pariwisata.  Pariwisata merupakan sektor yang memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia, terutama dalam menciptakan peluang kerja bagi masyarakat lokal. Namun, pengembangan potensi pariwisata seringkali terhambat oleh kurangnya keterampilan profesional yang dimiliki oleh sumber daya manusia di daerah tujuan wisata. Salah satu keterampilan yang esensial di dalam mempromosikan pariwisata adalah fotografi. Fotografi tidak hanya berfungsi sebagai dokumentasi, tetapi juga sebagai sarana efektif untuk menarik minat wisatawan melalui visualisasi keindahan alam, budaya, dan fasilitas wisata yang ada. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan street fotografi kepada siswa SMKN 9 Jurusan Pariwisata, dengan fokus meningkatkan pengetahuan dan skill teknik Street Photography. Kegiatan ini berisi pelatihan yang meliputi teori dasar Street Photography, teknik pengambilan gambar dan editing foto dalam Street Photography sebagai media promosi pariwisata. Hasil kegiatan PkM ini memperlihatkan mampu meningkatkan pengetahuan siswa tentang teknik dasar fotografi dan meningkatkan skil dalam memproduksi foto dengan tema Street Photography.

Published
2024-12-30
Section
Articles