Redesain Kemasan Produk UKM Jamu Cuka Rempah untuk Meningkatkan Penjualan

  • Handy Febri Satoto Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Wiwin Widiasih Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Keywords: redesain kemasan, UKM jamu cuka rempah, peningkatan penjualan

Abstract

Pada masa pandemi Covid-19 ini UKM menjadi terdampak pada penurunan penjualan, termasuk yang dialami UKM Jamu Cuka Rempah yaitu penjualan menurun hingga 60%. UKM Jamu Cuka Rempah atau UD. Intansari Raya merupakan sebuah UKM di Wage Kecamatan Taman kabupaten Sidoarjo memproduksi jamu cuka rempah dan berdiri sejak tahun 2012 yang beranggotakan 7 pekerja. Produk yang dihasilkan dinilai unik karena berciri khas dan mampu mengangkat kearifan lokal Indonesia dalam hal jamu atau herbal. UKM ini telah memiliki IUMK dan NIB, selain itu juga berkomitmen dalam pengelolaan dan pemantauan dampak lingkungan yang terjadi akibat aktivitas usaha dan diawasi oleh instansi yang berwenang dengan dibuktikan memiliki SPPL. Permasalahan yang dihadapi yaitu kemasan produk yang ada saat ini masih sangat sederhana dan kurang mencerminkan keunggulan produk sehingga dapat berpotensi menurunkan nilai jual. Solusi yang ditawarkan pada kegiatan ini adalah redesain kemasan produk UKM Jamu Cuka Rempah yakni pada kemasan produk Exafa, Ms. Cuka, dan Mr. Rempah guna meningkatkan penjualan. Metode yang digunakan adalah identifikasi permasalahan yang mendesak untuk segera diatasi; metode partisipatif dalam redesain kemasan; monitoring dan evaluasi terhadap hasil PKM; monitoring program dengan Tim pelaksana sebagai fasilitator bila terjadi masalah dan identifikasi peningkatan hasil penjualan setelah dilakukan redesain kemasan. Hasil redesain kemasan didapatkan penjualan meningkat sekitar 40%.

Published
2021-12-28
Section
Articles