Pelatihan Literasi Menulis untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru Matematika SMA

  • Arie Wahyuni Universitas Ivet
  • Akhmad Nayazik Universitas Ivet
  • Ika Wulandari Universitas Ivet
  • Ina Rosdiana Universitas Ivet
Keywords: pelatihan, literasi menulis, profesionalitas

Abstract

Kompetensi professional merupakan kemampuan yang harus dimiliki guru-guru dalam melaksanakan pembelajaran, sehingga professionalitas guru merupakan permasalahan yang harus kita atasi. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini diantaranya meningkatkan pengetahuan, pemahaman, penerapan tentang literasi menulis dan meningkatkan profesionalitas guru matematika SMA tentang literasi menulis. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian ini yaitu metode ceramah dimana metode ini dilakukan di SMA Negeri 2 Semarang dan tanya jawab pada waktu penyampaian materi kegiatan pengabdian serta metode demonstrasi dan Latihan praktek pada waktu pelatihan literasi menulis. Adapun tahapan pelaksanaan pengabdian ini diantaranya persiapan yaitu menganalisis masalah apa saja yang dihadapi guru-guru, pelaksanaan yaitu guru diberikan pengenalan mengenai manfaat pelatihan literasi menulis, dan evaluasi yaitu melihat keberhasilan pelaksanaan kegiatan perlu diadakan evaluasi. Hasil pengabdian ini diperoleh manfaat pelatihan literasi menulis bagi guru SMA sehingga tercipta profesionalitas pada guru tersebut dan mendapatkan manfaat menggunakan mendeley/zotero untuk menunjang kemampuan literasi menulis. Kesimpulan dari kegiatan pengabdian ini berupa pelatihan literasi menulis kepada para guru-guru matematika sekota semarang yang diselenggarakan oleh dosen-dosen matematika Universitas Ivet mampu memberikan semangat terhadap peningkatan profesionalitas guru. Oleh sebab itu, dengan adanya pelatihan literasi menulis ini akan terwujud budaya menulis sehingga akan tercipta meningkatnya profesionalitas guru.

Published
2021-12-28
Section
Articles