PELATIHAN PEMBUATAN PROMOSI DIGITAL DENGAN TEKNIK FOTO PRODUK KOPI INSTAN UNTUK MENINGKATKAN SKILL WIRAUSAHA MUDA DI ACEH UTARA
Abstract
Abstrak : Kopi gayo merupakan salah satu jenis kopi arabika yang paling diminati di pasar internasional karena telah dikenal sebagai biji kopi terbaik di dunia. Kondisi pandemi COVID tentu menjadi tantangan tersendiri yang akan memunculkan berbagai kendala pemasaran kopi Arabika Gayo seperti perubahan sistem proses pengolahan kopi yang harus sesuai protokol penanganan COVID, prosedur pengemasan produk yang baru dan sistem kerja sama secara daring karena diberlakukannya peraturan social distancing. Oleh sebab itu strategi promosi dengan media online merupakan solusi yang tepat. Salah satu strategi promosi adalah pembuatan foto produk sebagai alat promosi kopi Arabika Gayo. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan mengenai tehnik foto produk sebagai alat promosi kopi Arabika Gayo. Kegiatan ini dilakukan di Reuleut, Kabupaten Aceh Utara Pada bulan Januari 2022. Lokasi pengabdian masyarakat di Kabupaten Aceh Utara, maka diharapkan dapat memberikan kontribusi langsung terhadap pengurangan pengangguran melalui pendalaman skill melalui pelatihan tehnik foto produk kopi di Aceh Utara. Metode pelaksanaan dirancang untuk pedampingan yang berupa pendekatan partisipatif dan mengacu pada proses pembelajaran orang dewasa (adult-learning) yang terdiri dari: (1) Pemaparan materi yang dilengkapi dengan Power Point presentation dan material simulasi, (2) diskusi terbatas sesuai dengan protokol kesehatan, (3) penugasan atau praktek tehnik foto produk kopi. Tujuan kegiatan ini adalah (1) menghasilkan agen-agen perubahan paradigma “pencipta lapangan kerja” dari pada paradigma “pencari kerja”, (2) menjadi wadah pelatihan soft skill tertait tehnik foto produk sebagai kegiatan pembentukan bisnis, (3) menjadi acuan untuk kegiatan pengabdian masyarakat berikutnya.