Digitalisasi UMKM: Pemanfaatan media social sebagai strategi digital marketing produk UMKM guna meningkatkan brand awareness dan penjualan produk UMKM.

  • yuliati yuliati universitas bengkulu
  • Lisa Adhrianti Universitas Bengkulu
  • Alfarabi Alfarabi Universitas Bengkulu
Keywords: Digital Marketing, Pariwisata Bengkulu, Digitalisasi UMKM

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan kegiatan lanjutan yang menyasar pada kelompok usahawan pada masyarakat sekitar lokasi objek wisata Sungai Suci di kecamatan desa Pondok Kelapa kabupaten Bengkulu Tengah.  Jika pada tahun 2019 kegiatan pengabdian berupaya untuk membimbing kelompok usahawan agar dapat memikirkan ide bagi pembuatan proposal komunikasi bisnis yang berpotensi untuk didanai. Kemudian tahun 2020 kegiatan berupa proses penyuluhan dan pembimbingan kepada usahawan agar dapat mengenal karakteristik produk Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) yang diupayakan memiliki kemasan yang layak jual dan memiliki penciri khusus untuk menunjang pariwisata daerah Sungai Suci, maka pada tahun 2021 ini kegiatan pengabdian diarahkan pada penyuluhan dan pembimbingan kepada para usahawan agar dapat memasarkan produk usaha mereka memalui pasar digital atau biasa disebut digital marketing. Dimana digital marketing dilakukan dengan memanfaatkan akun media social. Perspektif yang akan digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah komunikasi pemasaran digital (digital marketing communications). Metode pelaksanaan kegiatan yang akan diterapkan dalam pengabdian ini adalah pengenalan digital marketing berbasis media social sebagai media pemasaran produk UMKM agar dapat dikenal masyarakat secara luas sehingga UMKM mampu tetap bertahan ditengah masa pandemic. Hasil dari kegiatan ini adalah adanya evaluasi pemikiran bagi jenis produk yang akan dijual, evaluasi kemasan produk UMKM yang telah dimiliki dan siap dipromosikan, serta publikasi hasil pengabdian pada jurnal pengabdian masyarakat Dharma Raflesia Universitas Bengkulu.

 

Kata Kunci: Digital Marketing, Pariwisata Bengkulu, Digitalisasi UMKM

Published
2022-12-31
Section
Articles