SOSIALISASI PERAN PENTING PROMOSI DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA UKM KEN-MI KONVEKSI BOYOLALI

  • Siti Almaidah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Atma Bhakti
Keywords: peran promosi; sosialisasi; penjualan; UKM Ken-Mi

Abstract

Promosi adalah sesuatu yang wajib dilakukan oleh sebuah usaha. Karena dengan promosi maka sebuah usaha dapat memberikan informasi mengenai produk yang dihasilkan sehingga konsumen tertarik untuk membeli. Hal ini akan berdampak pula pada peningkatan penjualan dan kapasitas usaha. Mitra dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah UKM Ken-Mi Konveksi yang berlokasi di Dukuh Jaten Desa Mojo Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada UKM Ken-Mi mengenai peran penting promosi dalam meningkatkan penjualan. Metode pelaksanaan berupa sosialisasi mengenai peran penting promosi dalam meningkatkan penjualan, dengan pendekatan ceramah, diskusi, dan tanya jawab. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat menunjukkan bahwa terjadi perubahan pola pikir dan persepsi positif dari peserta mengenai promosi, serta pengetahuan dan pemahaman tentang peran promosi dalam kegiatan usaha juga mengalami peningkatan. Hal itu diindikasikan dengan banyaknya pertanyaan selama sosialisasi sebagai wujud keingintahuan yang besar tentang materi yang disampaikan, dan berencana untuk mengoptimalkan pemasaran offline, menyiapkan SDM, sarana dan prasarana untuk melakukan pemasaran online. Berdasarkan hasil kuesioner dinyatakan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat ini telah memberikan manfaat positif bagi UKM Ken-Mi dan secara keseluruhan kegiatan berjalan lancar.

Published
2022-12-31
Section
Articles