PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PEMBUATAN LAPAK DIGITAL DI UKM CUKA REMPAH

  • Wiwin Widiasih Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Handy Febri Satoto Universitas 17 Agustus 1945
  • Mohamad Syihabul Akbar Universitas 17 Agustus 1945
  • Safira Zahra Nisriina Universitas 17 Agustus 1945
Keywords: UKM Cuka Rempah, Lapak Digital, Pengabdian kepada Masyarakat

Abstract

Pada masa pandemi Covid-19 ini UKM menjadi terdampak termasuk yang dialami oleh UD. Intansari Raya yaitu penjualan menurun hingga 60%. UD. Intansari Raya merupakan sebuah UKM di Wage Kecamatan Taman kabupaten Sidoarjo memiliki produksi yaitu jamu cuka rempah berdiri sejak Tahun 2012 dan beranggotakan tujuh pekerja. Produk ini dinilai unik karena berciri khas dan mampu mengangkat kearifan lokal Indonesia dalam hal jamu atau herbal yang memiliki banyak manfaat. UKM ini telah memiliki IUMK dan NIB, selain itu juga berkomitmen dalam pengelolaan dan pemantauan dampak lingkungan yang terjadi akibat aktivitas usaha dan bersedia diawasi oleh instansi yang berwenang dengan dibuktikan memiliki SPPL. Permasalahan yang dihadapi saat ini yaitu pada aspek pemasaran yaitu: media pemasaran masih belum optimal. Pemasaran pada market place terkenal belum dilakukan. Solusi yang ditawarkan pada kegiatan ini dari segi pemasaran akan diadakan pembuatan/pembukaan lapak di marketplace seperti shopee menjadi salah satu strategi pemasaran. Pelatihan dan pendampingan akan diberikan agar pemilik mampu mandiri menjalankan usahanya di masa akan datang. Dengan diadakan pembuatan lapak digital ini, UKM Cuka Rempah dapat meningkatkan penjualan sebesar 2x lipat. Pemilik juga memiliki ketrampilan pemasaran produk dengan indikator mampu memahami dan menggunakan.

Published
2023-06-29
Section
Articles